Ayo Mendidik

Ayo Mendidik

Jumat, 12 Oktober 2012

Surat untuk Bapak dan mamah dari Putri

Kamis, 12 oktober 2012

Pendidik kelas 4 Kak Fitri hari ini kebetulan lagi pulang ke Cilacap, jadi aku yang bertugas untuk menggantikan beliau mendidik kelas 4. Hari ini aku putuskan anak anak kelas 4 tidak belajar matematika ataupun bahasa inggris.
Aku ingin mengajak mereka untuk lebih menyadari kehidupan mereka saat ini. Aku kupas masalah kehidupan anak anak jalanan yang hidup berjuang sendiri. Video yang sudah aku download dari youtube beserta photo anak anak jalanan sudah aku siapkan dalam media di laptopku.
Mereka begitu antusias melihat video dan photo anak anak jalanan, selama mereka menonton dan melihat photo tidak ada satu suarapun yang keluar dari mereka. Empati mereka rupanya sedang menjalar didalam pikiran mereka semua.
Setelah selesai menonton mereka aku ajak untuk belajar menulis surat. Ya..menulis surat. Sempat gaduh seketika ketika aku minta mereka untuk belajar menulis surat, karena ternyata mereka belum pernah belajar menulis surat.
akhirnya aku beritahu mereka bahwa menulis surat itu adalah menulis apa yang sedang kalian rasakan saat ini dituangkan dalam selembar kertas. Surat ditujukan kepada Orang yang paling mereka sayangi.
Setelah sepuluh menit aku beri waktu mereka mengumpulkan surat yang sudah dibuat..ada satu surat yang ketika aku baca sedikit menyentuh perasaanku.
Ya..Putri menulis surat untuk Bapak dan mama-nya, inilah isi surat Putri yang kusalin agar lebih mudah dibaca.

Kepada yang tercinta
Bapak&mamah
dirumah

Bapak, Putri sayang sama Bapak. Pak, Putri selalu menyedihi Bapak, tapi hari ini Putri nga bakal nyedihin Bapak. Putri ingin Bapak itu senyum di depan Putri. Pak, Putri ingin Bapak jangan selalu bertengkar sama mamah. Pak, Putri nga mau kehilangan Bapak, hanya Bapak yang selalu menyenangiku. Mamah, Putri juga ingin meminta satu syarat sama mamah, jangan selalu bertengkar sama Bapak. Putri nga mau satu saat nanti Putri kehilangan kalian semua.
Mah, Pak, hanya ini dalam hidup Putri, hanya Mamah dan Bapak yang ada dalam hidup Putri, berhenti bertengkar Bapak sama mamah. Doain Putri biar Putri cepet besar kalau Putri sudah besar Putri janji akan memberangkatkan ke tanah suci. Doian juga biar Putri cita cita Putri tercapai menjadi dokter.

Putri.

Tidak ada komentar: