Ayo Mendidik

Ayo Mendidik

Minggu, 14 Oktober 2012

Hidup masyarakat kita tanpa VISI

Ada hal yang menarik dari perilaku anak anak didik kami, ketika saya melakukan pengkajian tentang cita cita hidup mereka. Untuk kelompok anak SD ketika saya mengupas tentang cita cita mereka, semua antusias menjawab dan berani mengungkapkannya bahwa kelak mereka hendak menjadi seorang yang memiliki profesi yang mereka sukai, ada yang bercita cita menjadi Dokter, ada yang menjadi Guru, bahkan ada yang bercita cita menjadi Koki di Restaurant Hotel.

Ketika anak SMP yang saya kaji, mereka sebagian besar ada yang menjawab mau menjadi sesuai dengan cita citanya, dan sebagian lagi ada yang tidak menjawab karena bingung harus menjadi apa kelak hidupnya.

Sekarang anak SMA yang saya kaji, ternyata hanya segelintir orang yang bisa menjawab dengan antusias apa yang menjadi cita citanya kelak. Yang lainnya diam tidak bisa menjawab.

Ini adalah masalah besar untuk kita semua, semakin dewasa mereka semakin hilang cita cita hidupnya.

Ketika para pemuda di wilayah tempat didik kami berkumpul dan bertemu dengan saya, mereka meminta kegiatan mereka di bimbing dan di naungi oleh kami. Saya bertanya kepada mereka, wacana mereka berkumpul untuk membahas tentang apa, dan mereka mengatakan bahwa mereka hendak minta bantuan kami dari para pendidik untuk memfasilitasi kegiatan olahraga futsal mereka.
Saya bertanya kepada mereka, tujuan mereka mau menggalakkan kegiatan olahraga futsal ini apa, dan ternyata mereka cuma untuk menyalurkan hobi saja daripada tidak ada kegiatan.
Mereka berkumpul bermain futsal hanya untuk mengisi waktu kosong ternyata. Tidak ada sebuah visi didalam kegiatan olahraga tersebut apa yang hendak mereka kejar.

Artinya orang Indonesia semakin dewasa semakin kehilangan arah terhadap tujuan hidup.
Dan mulai sekarang kami dari para pendidik selalu mengingatkan kepada mereka tentang cita cita mereka disetiap mulai kegiatan pengajaran, dan kami membantu anak anak didik ini untuk lebih mengenal dunia dan kegiatan dari cita cita mereka, dengan harapan mereka semakin tahu dan semakin  cinta dan semakin semangat untuk menggapai visi hidup mereka.


Tidak ada komentar: