Ayo Mendidik

Ayo Mendidik

Sabtu, 06 Oktober 2012

Mau jadi orang miskin kak..

Hari ini kebetulan aku berencana mengajar anak anak kelas 3 sd di wilayah sindang barang rw 04. karena kebetulan kakak pendidik yang memang menghandle kelas 3 sd sedang berhalangan hadir. Pelajaran yang mereka minta adalah bahasa inggris tapi dengan pola belajar sambil bernyanyi.
Aku ikutilah kemauan mereka semua..kita mulai belajar biasa pukul 15.00 wib sampai 16.30 wib. Materi yang aku sampaikan sangatlah mudah yaitu menyanyikan lagu twinkle..lagu anak yang biasa kunyanyikan bersama anakku Jasmine azzahra kalau malam hari dirumah, hanya bedanya setelah mereka hafal dan bisa menyanyikan lagu twinkle, mereka aku ajak untuk mengartikan kata demi kata dari lagu tersebut.
Ketika menjelang akhir belajar kira kira pukul 16.10 wib aku sengaja mengajak mereka untuk berbincang lepas membicarakan apa cita cita mereka kelak. Alhamdulillah mereka semua memiliki cita cita yang tinggi, ada yang ingin jadi Guru, Dokter, Pilot, dan juga ada yang mau jadi Koki masak di restaurant.
Tanpa sengaja dari mulutku terlontar pertanyaan kepada mereka, aku bertanya, "Nanti ketika kalian sudah besar dan cerdas kalian mau hidup sebagai orang kaya atau orang miskin?" pertanyaan yang aku kira mereka pasti menjawab sesuai dengan prediksi aku.
Akan tetapi mereka serentak menjawab, "Kami mau jadi orang MISKIN kakkkkk."
Kaget...heran...tertawa..semua tercampur jadi satu bagian ketika aku mendengar jawaban mereka yang serentak.
akhirnya aku bertanya balik, "Kenapa kalian mau jadi Orang Miskin?"
jawaban yang sangat polos terlontarkan dari mulut mereka..
ada yang menjawab.."Kak kalo  orang miskin itu kan ga sombong."
ada yang menimpal juga.."Jadi orang miskin itu suka menolong orang lain yg sedang kesusahan kak."
ada pula yang bilang.."Kak jadi orang miskin itu kata pak ustad masuk surganya duluan daripada orang kaya."

Jawaban yang diluar prediksi dan pikiranku...sungguh tragis mereka masih polos tapi pola pikir mereka sudah terbentuk  arus negatif...salah siapakah ini sampai mereka bisa berpikir seperti itu?
Indonesia negaraku...masih lama negara ini akan maju...hiks

Wajah para malaikat kecil kami kelas 3 sd yang sudah jadi korban dari pendidikan yang kurang optimal. 



Tidak ada komentar: