Ayo Mendidik

Ayo Mendidik

Sabtu, 06 Oktober 2012

Sejarah

Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat "Ayo Mendidik"  dibentuk pada tanggal 12 Juni 2012. berawal dari 15 anak didik dari jenjang sekolah dasar sampai sekarang sudah mencapai 220 anak didik.
kami melaksanakan kegiatan ini dikarenakan kualitas pendidikan yang di peroleh anak di sekolah masing masing masih sangat kurang sehingga kami tergerak untuk memaksimalkan pembelajaran para anak dengan memberikan pelajaran tambahan.
Pilot Project di lakukan di wilayah Sindang Barang di RW 04 kelurahan sindang bogor kecamatan bogor barat.
Sekarang lokasi wilayah didik sudah ada di 4 wilayah yaitu :
RW 04 Kelurahan Sindang Barang
RW 09 Kelurahan Menteng
RW03 Kelurahan Situ Gede
RW 08 Kelurahan Sindang Barang.

Dalam pelaksanaan kegiatan PKBM Akademis kami menerapkan metode pendidikan dengan mengembangkan metode program Sentuhan Psikologi dengan unsur unsur :
- Pengkajian pola belajara anak sesuai dengan jiwa masing masing anak didik.

- Pengajaran dengan bentuk permainan yang menyenangkan untuk mendukung terbukanya sistem limbik dalam otak
- Suasana persahabatan antara pendidik dengan anak didik sehingga terjalin hubungan emosional yang lebih kuat dan menumbuhkan rasa percaya dari anak didik kepada pendidik
- Kegiatan praktik di luar ruang belajar yang bermakna untuk menginspirasi perubahan diri seseorang.

Dalam pelaksanaan kegiatan PKBM  Keluarga kami melakukan pertemuan rutin satu bulan sekali dalam tema  berbagi pengetahuan tentang psikologis menciptakan keluarga unggulan kepada para orang tua anak didik.

Dalam pelaksanaan kegiatan PKBM Kesehatan kami bekerja sama dengan salah seorang Bidan di wilayah dalam kegiatan pemeriksaan Kehamilan rutin, Sunat, dan operasi katarak bagi kalangan usia senja.

Dalam pelaksanaan kegiatanPKBM kalangan anak muda, kami mengembangkan kegiatan olahraga Futsal dengan memaksimalkan lingkungan sekitar sebagai sarana latihan.

Jumlah Relawan Pendidik saat ini berjumlah 11 orang dari berbagai background pendidikan.
PLS ini sendiri bekerja sama dengan masyarakat setempat. Pelaksanaan kegiatan pengajaran di lakukan di rumah masyarakat di tiap tiap rt dalam tiap rw. hal ini di lakukan agar terjadi penyebarataan kegiatan.

sampai saat ini kami terus mengundang para relawan pendidik lainnya yang terketuk hatinya untuk peduli dengan pendidikan anak anak usia sekolah.

Tidak ada komentar: